Sabtu, 28 April 2018

PRESENTASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA



Menurut Arsyad (2011) media merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi suatu materi pelajaran yang disampaikan oleh guru yang berguna untuk memotivasi belajar siswa. Dari beberapa definisi tentang media pembelajaran diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan segala komponen dalam lingkungan belajar siswa yang dipergunakan oleh pengajar agar pembelajaran berlangsung lebih efektif. Sehingga pesan atau informasi  dapat  berupa  pengetahuan,  keahlian, skill, ide, pengalaman dan sebagainya pada saat proses penyampaian informasi  dari  guru  ke  peserta  didik dapat berjalan lancer.
Disini mengapa saya menggunakan media video ppt dikarenakan saya kurang paham dalam menerima atau mengerti materi yang telah dijelaskan oleh guru dan bukan itu saya saja juga kurang suka membawa yang begitu panjang sehingga saya memilih media ini karena dengan media ini saya bisa mengulang pelajaran dengan sebuah media yang bisa didengar dan dilihat sehingga saya mudah memahami suatu pelajaran tersebut.
1.     Pengertian Media Power Point
Hamalik (2008) menyebutkan bahwa jenis teknologi yang digunakan dalam pengajaran terdiri dari media audiovisual (film, filmstrip, televisi, dan kaset video) dan komputer. Media komputer adalah salah satu media interaktif yang memiliki peran utama untuk memproses informasi secara cermat, cepat dan dengan hasil yang akurat. Sebagai sebuah media pembelajaran komputer dapat membangkitkan minat dan perhatian siswa terhadap mata pelajaran tertentu. Selain itu, komputer sendiri dapat berfungsi sebagai salah satu sumber informasi, dengan demikian dapat menjadi sumber belajar bagi seorang siswa beberapa bagian utama dalam pembelajaran yang menggunakan media komputer.
Setiap sekolah memiliki fasilitas berbeda. Ketersedian media yang dapat menunjang proses belajar mengajar antara sekolah yang satu dengan sekolah lain berbeda. Keterbatasan akan media tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu sulitnya memperoleh media yang sesuai dengan materi yang sedang diajarkan kepada siswa, keterbatasan dana, cepat rusak, kurang dukungan dari pimpinan dan lain sebagainya. Daryanto (2006:31) mengatakan stand alone adalah pola penyajian Microsoft Office Power Point yang dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang bersifat interaktif. Setiap siswa dapat mempelajari materi pelajaran secara individual. Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya sehingga penggunaan Microsoft Office Power Point dengan pola penyajian stand alone diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keterbatasan akan adanya media seperti perangkat presentasi yang diperlukan sebagai alat yang mampu menampilkan informasi yang terdapat pada Microsoft Office Power Point dapat diatasi dengan menggunakan pola penyajian stand alone. Dengan bantuan media powerpoint, seorang guru dapat mempresentasikan materi ajar kepada siswa bisa lebih mudah dalam mentransformasikan ilmunya melalui presentasi yang diberikan oleh seorang guru kepada anak didiknya di kelas. Disamping memudahkan seorang guru menguasai kelas dan membantu anak-anak didik untuk tetap fokus dengan apa yang diterangkan oleh seorang guru.
Menurut Jelita (2010) microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah. Media powerpoint  bisa  membantu  sebuah gagasan  menjadi lebih menarik  dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena media powerpoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi, presentasi  elektronika, menampilkan slide  yang  dinamis, termasuk clipart yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar monitor komputer. Power Point adalah alat bantu presentasi, biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang dirangkum dan dikemas dalam slide Power Point. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami penjelasan kita melalui visualisasi yang terangkum di dalam slide.
Power Point merupakan program untuk membantu mempresentasikan dan menampilkan presentasi dalam bentuk tulisan, gambar, grafik, objek, clipart, movie, suara, atau video yang dimainkan pada saat presentasi (Purnomo, 2010).
  • Dampak Power Point
Dampak budaya Sebuah presentasi PowerPoint berlangsung. Pendukung mengatakan bahwa kemudahan penggunaan perangkat lunak presentasi
1.     Dapat menyimpan banyak waktu untuk orang yang dinyatakan akan digunakan jenis lain visual bantuan-tangan yang ditarik atau mekanis mengeset slide, papan tulis atau proyeksi overhead.
2.     Kemudahan penggunaan juga mendorong mereka yang dinyatakan tidak akan menggunakan alat bantu visual, atau tidak akan memberikan presentasi sama sekali, untuk membuat presentasi.
Sebagai gaya, animasi, dan multimedia kemampuan PowerPoint ini telah menjadi lebih canggih, dan sebagai aplikasi umumnya membuat lebih mudah untuk menghasilkan presentasi (bahkan sampai memiliki “Auto Content Wizard” yang dihentikan pada PowerPoint 2007 menunjukkan struktur untuk presentasi), perbedaan kebutuhan dan keinginan presenter dan khalayak telah menjadi lebih terlihat.
  • Manfaat Power Point
Manfaat PowerPoint terus diperdebatkan, meskipun sebagian besar orang percaya bahwa manfaat mungkin untuk menyajikan presentasi struktural untuk pekerja bisnis, seperti Raytheon ELCAN tidak digunakan dalam kuliah kelas telah mempengaruhi penyelidikan efek PowerPoint pada kinerja siswa dibandingkan ceramah berdasarkan overhead projector, kuliah tradisional, dan online kuliah. Tidak ada hasil yang meyakinkan untuk membuktikan atau menyangkal bahwa PowerPoint lebih efektif untuk retensi belajar daripada metode presentasi tradisional.
Meskipun PowerPoint memiliki manfaat tersebut, beberapa pihak berpendapat bahwa PowerPoint telah berpengaruh negatif terhadap masyarakat. Istilah “Kematian oleh PowerPoint” dan “PowerPoint Neraka” mengacu pada penggunaan perangkat lunak miskin. Banyak perusahaan besar dan cabang pemerintah menggunakan PowerPoint sebagai cara untuk karyawan singkat tentang isu-isu penting yang mereka harus membuat keputusan tentang. Penentang PowerPoint berpendapat bahwa mengurangi masalah kompleks untuk poin bulet merugikan proses pengambilan keputusan, dalam kata lain, karena jumlah informasi dalam presentasi harus kental, melihat presentasi PowerPoint tidak memberikan satu informasi yang cukup rinci untuk membuat benar-benar informasi keputusan .Sebuah contoh yang sering dikutip adalah analisis Edward Tufte tentang PowerPoint slide disiapkan bagi para pejabat NASA pengarahan mengenai kemungkinan kerusakan Space Shuttle Columbia saat peluncuran akhir. Tufte berpendapat bahwa slide, disiapkan oleh Perusahaan Boeing, memiliki efek terlalu menyederhanakan.
2.     Kelebihan dan Kekurangan Media Power Point
Menurut Sanaky(2009), Microsoft powerpoint memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan adalah sebagai berikut:
Kelebihan microsoft powerpoint antara lain:
Keunggulan/ kelebihan power point yaitu salah satu fitur menyediakan kemampuan untuk membuat presentasi yang meliputi musik yang memainkan seluruh presentasi atau efek suara untuk slide tertentu. Selain kemampuan untuk menambahkan file suara, presentasi dapat dirancang untuk berjalan, seperti film, sendiri. PowerPoint memungkinkan pengguna untuk merekam slide show dengan narasi dan laser pointer. Pengguna dapat menyesuaikan tampilan slide untuk menampilkan slide dalam urutan yang berbeda dari awalnya dirancang dan memiliki slide muncul beberapa kali. Microsoft juga menawarkan kemampuan untuk menyiarkan presentasi untuk pengguna tertentu melalui link dan Windows Live. Dan kelebihan yang lain dari power pointadalah sebagai berikut.
1.     Praktis, dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas
2.     Memberikan kemungkinan tatap muka dan mengamati respons siswa
3.     Memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan
4.     Dapat menyajikan berbagai kombinasi clipart, picture, warna, animasi dan suara sehingga membuat siswa lebih tertarik
5.     Dapat dipergunakan berulang-ulang
Kekurangan microsoft powerpoint antara lain:
·         Microsoft Office PowerPoint hanya dapat dijalankan/dioperasikan pada system operasi windows saja.
·         Jika yang digunakan untuk presentasi di kelas adalah PC, maka yang presentasi haris direpotkan oleh pengangkutan dan penyimpanan PC tersebut.
·         Harganya mahal (gratis jika menggunakan versi bajakan)


Permasalahan :

1.      Menurut anada, efektifkah suatu media diatas di gunakan dalam semua pembelajaran ?
2.      Bagaimana menurut anda caranya agar media video ppt ini menarik perhatian siswa dan ia fokus ke materinya bukan ke animasinya sehingga suatu pembelajaran itu mudah ditanggkap dan dipahami siswa tersebut ?
3.      Menurut anda, adakah cara untuk mengatasi/menguragi kekurang pada media di atas? tolong jelaskan!


13 komentar:

  1. Saya akan menjawab permasalahan anda yang ketiga. Saya mempunyai saran menggunakan IBM Lotus Symphony karena aplikasi ini bersifat gratis dan kaya akan fitur. Dengan fitur lengkap dan interface yang indah, IBM lotus Symphony cocok sebagai pengganti Microsoft Office. File yang dihasilkan juga Kompatibel dengan dokumen office. Serta support export ke file PDF
    IBM Lotus Symphony adalah perangkat lunak presentasi yang gratis dan powerfull. Dengan fitur lengkap dan interface yang indah, IBM lotus Symphony cocok sebagai pengganti Microsoft Office.

    BalasHapus
  2. Baiklah disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan nmr 2 yaitu untuk bisa menarik perhatian siswa kita bisa membuat powerpoint yang menarik misalnya dengan menambahkan gambar, animasi dll, karena peserta didik itu tertarik dengan hal-hal yang aneh, nah agar peserta didik tetap terfokus ke materinya maka gunakanlah gambar ataupun animasi yang sesuai dengan materi yg disajikan dan tidak terlalu berlebihan sehingga bsa menunjang materi yang disampaikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya akan menambahkan jawaban dari saudari novia dimana, untuk membuat media yang anda gunakan itu menarik dapat dengan cara penyajian yang dilakukan, yaitu tidak mengandung banyak tulisan pada slide ppt yang digunakan, dan selain menggunakan istilah istilah umum, alangkah lebih baik ppt yang menjelaskan suatu materi itu menggunakan contoh-contoh yang berkaitan dengan lingkungan peserta didik atau tentang kehidupan sehari-hari siswa, dimana dengan cara ini siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan karena berhubungan dengan kehidupannya

      Hapus
    2. Saya sependapat dengan ulasan annisa dan novia. Seandainya jika memang fokus anak lebih ke animasi, atau gambar, tampilkan atau sajikan gambar/animasi yg memiliki korelasi dengan materi. Kalau perlu pptnua hanya berisi gambar yg dihubungkan dengan panah2, dan diskematiskan. Saya rasa akan menjadi lebih menarik.

      Hapus
    3. saya sependapat dengan teman2 diatas, caranya agar media video ppt ini menarik perhatian siswa dan ia fokus ke materinya bukan ke animasinya sebaiknya jangan gunakan animasi-animasi yang megganggu konsentrasi siswa. jika perlu masukkan animasi yang berkaitan dengan materi pelajran. saran pada video ppt ada baiknya dimasukkan tes konsentrasi untuk meregangkan pemikiran siswa.

      Hapus
  3. Saya mencoba menanggapi permasalahan pertama saudari yaitu “Menurut anda, efektifkah suatu media diatas di gunakan dalam semua pembelajaran ?” menurut saya media pemebelajran ini efektif untuk beberapa materi saja. Selain itu jika ini adalah power point untuk pemebelajaran dikelas akan lebih baik jika guru menjelaskan langsung jadi video power point ini cocok untuk mengulang materi dirumah. Materi pembelajaran yang labih rumit yang memiliki banyak hitungan dan contoh akan lebih baik dijelaskan langsung daripada menggunakan video kecuali contoh dalam kehidupannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dengan pendapat saudari munika dimana media power point ini cocok untuk beberapa materi saja.namun ada tambahan juga bahwa efektif atau tidaknya itu dapat dilihat dari bagaimana tanggapan si pengguna media terhadap media yg digunakan. Sehingga apakah media ini sudah efektif untuk saudari? Maka jawabannya adalah diri saudari sendiri dimana apakah media ini cocok dan sesuai dengan kebutuhan atau malah membebani saudari

      Hapus
  4. baiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor satu yang mana multimedia yang anda buat sudah efektif namun disini kita harus memilih terlebih dahulu pelajaran apa saja yang cocok untuk penggunaan ini serta harus memenuhi kriteria dari multimedia ini , agar peserta didik benar-benar memahami pelajaran yang disampaikan dimulai dari animasi, suara , maupun teks yang digunakan apabila semuanya sudah jelas maka multimedia ini efektif untuk digunakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan nurul amini bahwa didalam membuat multimedia kita harus merumuskan dulu hal-hal yang perlu diperhatikan dari tujuan, sasaran dan sisi kemenarikan.

      Hapus
    2. saya setuju dengan pendapat nurul, dan yulinda menurut saya multimedia yang anda gunakan sudah bagus, namun dalam menggunakan multimedia pembelajaran kita lebih dulu memperhatikan karakteristik dari materi yang kita sampaikan, apakah cocok diterapkan atau tidak. misalnya ketika materinya rumit seperti reaksi-reaksi hidrokarbon akan lebih efektif jika dilakukan secara langsung bukan dengan menggunakan ppt

      Hapus
  5. Baiklah saya akan menjawab no 1
    Menurut saya tidak efektif karena Anak didik terkadang lebih memperhatikan animasi dalam power point dibandingkan materinya jadi jangan gunakan animasi yang tidak perlu.dan jika dalam pembelajaran kimia lebih baik dengan media lab karena berinteraksi langsung dengan apa yang akan dilakukan dan akan lebih mengerti.

    BalasHapus
  6. saya akan menjawab pertanyaan nomor 2,
    untuk mengatasi hal tersebut agar anak didik tidak terfokus kepada animasi-animasinya, maka gunakanlah animasi yang sesuai dengan materi pembelajarannya, jika menggunakan animasi yang ditujukan hanya untuk mempercantik tampilan, sebaiknya tidak usah digunakan, karena hal tersebut dapat merusak konsentrasi siswa, hendaklah menggunakan animasi/video yang sesuai dengan kebutuhan saja.

    BalasHapus
  7. menurut saya suara anda harus lebih besar lagi karena di kelas bisa saja tidak terdengar

    BalasHapus

FENIL PROPANOID

Asal Usul Fenilpropanoid Fenilpropanoid merupakan suatu kelompok senyawa fenolik alam yg berasal dari asam amino aromatik fenilalanin ...