Menurut Arsyad (2011) media merupakan suatu alat yang dapat
digunakan untuk menyampaikan isi suatu materi pelajaran yang disampaikan oleh
guru yang berguna untuk memotivasi belajar siswa. Dari beberapa definisi
tentang media pembelajaran diatas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
merupakan segala komponen dalam lingkungan belajar siswa yang dipergunakan oleh
pengajar agar pembelajaran berlangsung lebih efektif. Sehingga pesan atau
informasi dapat berupa pengetahuan, keahlian, skill,
ide, pengalaman dan sebagainya pada saat proses penyampaian informasi
dari guru ke peserta didik dapat berjalan lancer.
Disini mengapa saya menggunakan media video ppt dikarenakan saya
kurang paham dalam menerima atau mengerti materi yang telah dijelaskan oleh guru
dan bukan itu saya saja juga kurang suka membawa yang begitu panjang sehingga
saya memilih media ini karena dengan media ini saya bisa mengulang pelajaran
dengan sebuah media yang bisa didengar dan dilihat sehingga saya mudah memahami
suatu pelajaran tersebut.
1. Pengertian
Media Power Point
Hamalik (2008) menyebutkan
bahwa jenis teknologi yang digunakan dalam pengajaran terdiri dari media
audiovisual (film, filmstrip, televisi, dan kaset video) dan komputer. Media
komputer adalah salah satu media interaktif yang memiliki peran utama untuk memproses
informasi secara cermat, cepat dan dengan hasil yang akurat. Sebagai sebuah
media pembelajaran komputer dapat membangkitkan minat dan perhatian siswa
terhadap mata pelajaran tertentu. Selain itu, komputer sendiri dapat berfungsi
sebagai salah satu sumber informasi, dengan demikian dapat menjadi sumber
belajar bagi seorang siswa beberapa bagian utama dalam pembelajaran yang
menggunakan media komputer.
Setiap sekolah memiliki
fasilitas berbeda. Ketersedian media yang dapat menunjang proses belajar mengajar
antara sekolah yang satu dengan sekolah lain berbeda. Keterbatasan akan media
tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu sulitnya memperoleh media yang
sesuai dengan materi yang sedang diajarkan kepada siswa, keterbatasan dana,
cepat rusak, kurang dukungan dari pimpinan dan lain sebagainya. Daryanto
(2006:31) mengatakan stand alone adalah pola penyajian Microsoft Office
Power Point yang dirancang khusus untuk pembelajaran individual yang
bersifat interaktif. Setiap siswa dapat mempelajari materi pelajaran secara
individual. Siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuannya sehingga
penggunaan Microsoft Office Power Point dengan
pola penyajian stand alone diharapkan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Keterbatasan akan adanya
media seperti perangkat presentasi yang diperlukan sebagai alat yang mampu
menampilkan informasi yang terdapat pada Microsoft Office
Power Point dapat diatasi dengan menggunakan pola penyajian stand
alone. Dengan bantuan media powerpoint, seorang guru dapat
mempresentasikan materi ajar kepada siswa bisa lebih mudah dalam
mentransformasikan ilmunya melalui presentasi yang diberikan oleh seorang guru
kepada anak didiknya di kelas. Disamping memudahkan seorang guru menguasai
kelas dan membantu anak-anak didik untuk tetap fokus dengan apa yang
diterangkan oleh seorang guru.
Menurut Jelita (2010)
microsoft Power Point adalah suatu software yang akan membantu
dalam menyusun sebuah presentasi yang efektif, professional, dan juga mudah.
Media powerpoint bisa membantu sebuah gagasan menjadi
lebih menarik dan jelas tujuannya jika dipresentasikan karena media
powerpoint akan membantu dalam pembuatan slide, outline presentasi,
presentasi elektronika, menampilkan slide yang dinamis,
termasuk clipart yang menarik, yang semuanya itu mudah ditampilkan di layar
monitor komputer. Power Point adalah alat bantu presentasi,
biasanya digunakan untuk menjelaskan suatu hal yang dirangkum dan dikemas dalam
slide Power Point. Sehingga pembaca dapat lebih mudah memahami
penjelasan kita melalui visualisasi yang terangkum di dalam slide.
Power Point merupakan program untuk membantu
mempresentasikan dan menampilkan presentasi dalam bentuk tulisan, gambar,
grafik, objek, clipart, movie, suara, atau video yang dimainkan pada saat
presentasi (Purnomo, 2010).
- Dampak
Power Point
Dampak budaya Sebuah presentasi PowerPoint berlangsung. Pendukung
mengatakan bahwa kemudahan penggunaan perangkat lunak presentasi
1. Dapat
menyimpan banyak waktu untuk orang yang dinyatakan akan digunakan jenis lain
visual bantuan-tangan yang ditarik atau mekanis mengeset slide, papan tulis
atau proyeksi overhead.
2. Kemudahan
penggunaan juga mendorong mereka yang dinyatakan tidak akan menggunakan alat
bantu visual, atau tidak akan memberikan presentasi sama sekali, untuk membuat
presentasi.
Sebagai gaya, animasi, dan multimedia kemampuan PowerPoint ini
telah menjadi lebih canggih, dan sebagai aplikasi umumnya membuat lebih mudah
untuk menghasilkan presentasi (bahkan sampai memiliki “Auto Content Wizard”
yang dihentikan pada PowerPoint 2007 menunjukkan struktur untuk presentasi),
perbedaan kebutuhan dan keinginan presenter dan khalayak telah menjadi lebih
terlihat.
- Manfaat
Power Point
Manfaat PowerPoint terus diperdebatkan, meskipun sebagian besar
orang percaya bahwa manfaat mungkin untuk menyajikan presentasi struktural
untuk pekerja bisnis, seperti Raytheon ELCAN tidak digunakan dalam kuliah kelas
telah mempengaruhi penyelidikan efek PowerPoint pada kinerja siswa dibandingkan
ceramah berdasarkan overhead projector, kuliah tradisional, dan online kuliah.
Tidak ada hasil yang meyakinkan untuk membuktikan atau menyangkal bahwa
PowerPoint lebih efektif untuk retensi belajar daripada metode presentasi
tradisional.
Meskipun PowerPoint memiliki manfaat tersebut, beberapa pihak
berpendapat bahwa PowerPoint telah berpengaruh negatif terhadap masyarakat.
Istilah “Kematian oleh PowerPoint” dan “PowerPoint Neraka” mengacu pada
penggunaan perangkat lunak miskin. Banyak perusahaan besar dan cabang
pemerintah menggunakan PowerPoint sebagai cara untuk karyawan singkat tentang
isu-isu penting yang mereka harus membuat keputusan tentang. Penentang
PowerPoint berpendapat bahwa mengurangi masalah kompleks untuk poin bulet
merugikan proses pengambilan keputusan, dalam kata lain, karena jumlah
informasi dalam presentasi harus kental, melihat presentasi PowerPoint tidak
memberikan satu informasi yang cukup rinci untuk membuat benar-benar informasi
keputusan .Sebuah contoh yang sering dikutip adalah analisis Edward Tufte
tentang PowerPoint slide disiapkan bagi para pejabat NASA pengarahan mengenai
kemungkinan kerusakan Space Shuttle Columbia saat peluncuran akhir. Tufte
berpendapat bahwa slide, disiapkan oleh Perusahaan Boeing, memiliki efek
terlalu menyederhanakan.
2. Kelebihan
dan Kekurangan Media Power Point
Menurut Sanaky(2009), Microsoft powerpoint memiliki beberapa
kelebihan dan kelemahan adalah sebagai berikut:
Kelebihan microsoft
powerpoint antara lain:
Keunggulan/ kelebihan power point yaitu salah satu
fitur menyediakan kemampuan untuk membuat presentasi yang meliputi musik yang
memainkan seluruh presentasi atau efek suara untuk slide tertentu. Selain
kemampuan untuk menambahkan file suara, presentasi dapat dirancang untuk
berjalan, seperti film, sendiri. PowerPoint memungkinkan pengguna untuk merekam
slide show dengan narasi dan laser pointer. Pengguna dapat menyesuaikan
tampilan slide untuk menampilkan slide dalam urutan yang berbeda dari awalnya
dirancang dan memiliki slide muncul beberapa kali. Microsoft juga menawarkan
kemampuan untuk menyiarkan presentasi untuk pengguna tertentu melalui link dan
Windows Live. Dan kelebihan yang lain dari power pointadalah sebagai berikut.
1. Praktis,
dapat dipergunakan untuk semua ukuran kelas
2. Memberikan
kemungkinan tatap muka dan mengamati respons siswa
3. Memiliki
variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan
4. Dapat
menyajikan berbagai kombinasi clipart, picture, warna, animasi dan suara
sehingga membuat siswa lebih tertarik
5. Dapat
dipergunakan berulang-ulang
Kekurangan
microsoft powerpoint antara lain:
·
Microsoft Office PowerPoint hanya
dapat dijalankan/dioperasikan pada system operasi windows saja.
·
Jika yang digunakan untuk presentasi
di kelas adalah PC, maka yang presentasi haris direpotkan oleh pengangkutan dan
penyimpanan PC tersebut.
·
Harganya mahal (gratis jika
menggunakan versi bajakan)
1. Menurut
anada, efektifkah suatu media diatas di gunakan dalam semua pembelajaran ?
2. Bagaimana menurut anda caranya agar media video ppt ini menarik perhatian siswa dan ia fokus ke
materinya bukan ke animasinya sehingga suatu pembelajaran itu mudah ditanggkap
dan dipahami siswa tersebut ?
3. Menurut
anda, adakah cara untuk mengatasi/menguragi kekurang pada media di atas? tolong
jelaskan!
Saya akan menjawab permasalahan anda yang ketiga. Saya mempunyai saran menggunakan IBM Lotus Symphony karena aplikasi ini bersifat gratis dan kaya akan fitur. Dengan fitur lengkap dan interface yang indah, IBM lotus Symphony cocok sebagai pengganti Microsoft Office. File yang dihasilkan juga Kompatibel dengan dokumen office. Serta support export ke file PDF
BalasHapusIBM Lotus Symphony adalah perangkat lunak presentasi yang gratis dan powerfull. Dengan fitur lengkap dan interface yang indah, IBM lotus Symphony cocok sebagai pengganti Microsoft Office.
Baiklah disini saya akan mencoba menjawab pertanyaan nmr 2 yaitu untuk bisa menarik perhatian siswa kita bisa membuat powerpoint yang menarik misalnya dengan menambahkan gambar, animasi dll, karena peserta didik itu tertarik dengan hal-hal yang aneh, nah agar peserta didik tetap terfokus ke materinya maka gunakanlah gambar ataupun animasi yang sesuai dengan materi yg disajikan dan tidak terlalu berlebihan sehingga bsa menunjang materi yang disampaikan
BalasHapussaya akan menambahkan jawaban dari saudari novia dimana, untuk membuat media yang anda gunakan itu menarik dapat dengan cara penyajian yang dilakukan, yaitu tidak mengandung banyak tulisan pada slide ppt yang digunakan, dan selain menggunakan istilah istilah umum, alangkah lebih baik ppt yang menjelaskan suatu materi itu menggunakan contoh-contoh yang berkaitan dengan lingkungan peserta didik atau tentang kehidupan sehari-hari siswa, dimana dengan cara ini siswa akan lebih tertarik untuk memperhatikan karena berhubungan dengan kehidupannya
HapusSaya sependapat dengan ulasan annisa dan novia. Seandainya jika memang fokus anak lebih ke animasi, atau gambar, tampilkan atau sajikan gambar/animasi yg memiliki korelasi dengan materi. Kalau perlu pptnua hanya berisi gambar yg dihubungkan dengan panah2, dan diskematiskan. Saya rasa akan menjadi lebih menarik.
Hapussaya sependapat dengan teman2 diatas, caranya agar media video ppt ini menarik perhatian siswa dan ia fokus ke materinya bukan ke animasinya sebaiknya jangan gunakan animasi-animasi yang megganggu konsentrasi siswa. jika perlu masukkan animasi yang berkaitan dengan materi pelajran. saran pada video ppt ada baiknya dimasukkan tes konsentrasi untuk meregangkan pemikiran siswa.
HapusSaya mencoba menanggapi permasalahan pertama saudari yaitu “Menurut anda, efektifkah suatu media diatas di gunakan dalam semua pembelajaran ?” menurut saya media pemebelajran ini efektif untuk beberapa materi saja. Selain itu jika ini adalah power point untuk pemebelajaran dikelas akan lebih baik jika guru menjelaskan langsung jadi video power point ini cocok untuk mengulang materi dirumah. Materi pembelajaran yang labih rumit yang memiliki banyak hitungan dan contoh akan lebih baik dijelaskan langsung daripada menggunakan video kecuali contoh dalam kehidupannya.
BalasHapusSaya setuju dengan pendapat saudari munika dimana media power point ini cocok untuk beberapa materi saja.namun ada tambahan juga bahwa efektif atau tidaknya itu dapat dilihat dari bagaimana tanggapan si pengguna media terhadap media yg digunakan. Sehingga apakah media ini sudah efektif untuk saudari? Maka jawabannya adalah diri saudari sendiri dimana apakah media ini cocok dan sesuai dengan kebutuhan atau malah membebani saudari
Hapusbaiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan nomor satu yang mana multimedia yang anda buat sudah efektif namun disini kita harus memilih terlebih dahulu pelajaran apa saja yang cocok untuk penggunaan ini serta harus memenuhi kriteria dari multimedia ini , agar peserta didik benar-benar memahami pelajaran yang disampaikan dimulai dari animasi, suara , maupun teks yang digunakan apabila semuanya sudah jelas maka multimedia ini efektif untuk digunakan.
BalasHapussaya setuju dengan nurul amini bahwa didalam membuat multimedia kita harus merumuskan dulu hal-hal yang perlu diperhatikan dari tujuan, sasaran dan sisi kemenarikan.
Hapussaya setuju dengan pendapat nurul, dan yulinda menurut saya multimedia yang anda gunakan sudah bagus, namun dalam menggunakan multimedia pembelajaran kita lebih dulu memperhatikan karakteristik dari materi yang kita sampaikan, apakah cocok diterapkan atau tidak. misalnya ketika materinya rumit seperti reaksi-reaksi hidrokarbon akan lebih efektif jika dilakukan secara langsung bukan dengan menggunakan ppt
HapusBaiklah saya akan menjawab no 1
BalasHapusMenurut saya tidak efektif karena Anak didik terkadang lebih memperhatikan animasi dalam power point dibandingkan materinya jadi jangan gunakan animasi yang tidak perlu.dan jika dalam pembelajaran kimia lebih baik dengan media lab karena berinteraksi langsung dengan apa yang akan dilakukan dan akan lebih mengerti.
saya akan menjawab pertanyaan nomor 2,
BalasHapusuntuk mengatasi hal tersebut agar anak didik tidak terfokus kepada animasi-animasinya, maka gunakanlah animasi yang sesuai dengan materi pembelajarannya, jika menggunakan animasi yang ditujukan hanya untuk mempercantik tampilan, sebaiknya tidak usah digunakan, karena hal tersebut dapat merusak konsentrasi siswa, hendaklah menggunakan animasi/video yang sesuai dengan kebutuhan saja.
menurut saya suara anda harus lebih besar lagi karena di kelas bisa saja tidak terdengar
BalasHapus